Perulangan atau Penelusuran Data di Python

Perulangan atau Penelusuran Data di Python

Perulangan atau Penelusuran Data di Python

Perulangan atau loop didalam bahasa pemrograman python umumnya terdapat dua jenis yaitu perulangan for dan while. Seperti namanya, perulangan berarti memberikan instruksi kepada komputer untuk melakukan suatu tindakan secara berulang.


Perulangan for disebut juga dengan perulangan yang terhitung. Artinya dalam membuat kode program tertentu kita sudah tahu banyaknya perulangan yang kita akan buat. Sedangkan perulangan while atau perulangan yang tak terhitung, umunya dipakai untuk kode program yang kita belum tahu berapa banyak perulangan yang akan terjadi.


Baca juga: Pemberian Nilai Variable di Python


Perulangan dengan for


Berikut merupakan contoh dari perulangan atau penelusuran data dengan menggunakan for.


dataku = [10,8,6,8,9,10]
awal = 0
for x in dataku:
  print("Elemen ke", awal, "=", x)
  awal = awal+1


Dalam contoh kode program diatas menggunakan array dengan nama variable "dataku". Sehingga apabila diketikkan pada google colab akan tampak seperti gambar berikut.


Perulangan atau Penelusuran Data di Python

Pada kode program diatas akan melakukan eksekusi sampai jumlah elemen di dalam variable "dataku". Banyaknya perulangan yang dilakukan adalah sebanyak 6 (enam) kali.


Perulangan dengan while


Berikut merupakan contoh dari perulangan atau penelusuran data dengan menggunakan while.


jawab = 'ulangi'
jumlah = 0
while(jawab == 'ulangi'):
    jumlah += 1
    jawab = input("Ulang lagi atau tidak? ")
print(f"Total perulangan: {jumlah}")


Dalam contoh kode program diatas apabila user menjawab "ulangi" maka program akan meminta masukan kembali sampai kata yang diketikkan user bukan kata "ulangi" lagi. Dan apabila bukan kata "ulangi" yang diketik maka program akan berhenti dieksekusi, contohnya seperti gambar berikut apabila dicoba pada google colab.


Perulangan atau Penelusuran Data di Python

Demikian contoh perulangan atau penelusuran data dalam bahasa pemrograman python yang dicoba pada google colab. Pada kesempatan berikutnya admin akan membahas mengenai percabangan atau kondisi di dalam bahasa pemrograman python.


Baca juga: Statement atau Kondisi dalam Python