Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Pernahkah kalian mendapati pesan .dll is missing (hilang) atau error di sistem operasi Windows 10 maupun Windows 11? Jika pernah mungkin kebanyakan dari kalian mengalami kebingungan bagaimana cara memperbaiki file .dll yang error atau hilang tersebut.


Windows 11 merupakan versi sistem operasi yang paling terbaru yang dikeluarkan oleh raksasa teknologi Microsoft. Tidak heran jika kebanyakan komputer maupun laptop yang beredar dipasaran saat ini menggunakan sistem operasi Windows.


Salah satu masalah yang muncul pada saat penggunaan sistem operasi Windows tentu saja banyak file .dll yang tidak tersedia secara default dalam arti tidak termasuk dalam paket install dari sistem operasi tersebut. Sehingga ketika suatu program membutuhkan file .dll tersebut maka dikatakan hilang atau error.


Nah, bagaimana cara memperbaiki file .dll yang hilang (missing) atau error di sistem operasi Windows? berikut panduan singkat cara memperbaikinya.


Download DirectX


Langkah pertama yang harus kalian coba adalah tentu saja mengunduh dan menginstall DirectX. Kalian bisa mengunduh DirectX ini melalui tombol dibawah ini.



Setelah terbuka halaman maka kalian tinggal menekan tombol download. Seperti gambar berikut.


Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Tunggu beberapa saat hingga file installer DirectX berhasil terdownload.


Menginstall DirectX


Langkah berikutnya yang kalian lakukan tentu saja memasang atau menginstall DirectX yang diunduh tadi. Cukup buka installer DirectX yang kalian unduh tadi dan ikuti petunjuk pemasangan yang tampil dilayar.


Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Coba restart komputer atau laptop kalian dan buka kembali program atau aplikasi yang membutuhkan file .dll tadi maka akan berjalan dengan normal. Jika masih belum bisa dan masih muncul peringatan .dll hilang atau error coba lakukan langkah dibawah ini.


Scan and Perbaiki File Sistem Windows 11


Jika langkah dengan menginstall DirectX diatas belum juga menyelesaikan masalah kalian cobalah lakukan beberapa langkah simpel berikut. 


Bukalah command prompt dengan menekan Windows + R kemudian ketikkan cmd lalu tekan tombol OK.


Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Jika jendela command prompt sudah terbuka ketikkan perintah:


sfc /scannow


Perintah ini akan memakan waktu untuk memperbaiki file sistem Windows yang korup atau hilang, jadi tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.


Berikutnya ketikkan lagi perintah:


dism /online /cleanup-image /restoreHealth


Perintah ini akan melanjutkan men-scan dan memperbaiki file sistem yang error di Windows. Tunggu kembali prosesnya hingga selesai.


Cara Memperbaiki .dll yang Hilang di Windows 11

Restart kembali komputer atau laptop kalian, buka kembali aplikasi atau program yang menggunakan file .dll yang hilang atau error tadi harusnya sudah berjalan normal. Jika masih belum bisa cobalah langkah terakhir dibawah ini.


Download Manual File .dll yang Hilang atau Error


Jika kedua langkah diatas masih belum bisa memperbaiki file .dll yang hilang atau error di Windows kalian cobalah langkah berikut.


Ingat atau catat nama file .dll yang hilang atau error untuk selanjutnya kalian unduh secara manual pada situs berikut: klik disini. Ketikkan nama file .dll tadi kedalam kotak pencarian yang tersedia kemudian klik Search DLL file.


Unduhlah file yang sesuai dengan keperluan anda, cek nama filenya jika diperlukan. Jika ada nama yang sama unduh saja file yang paling atas. Setelah terunduh ekstrak file tersebut dan didalamnya kalian akan menemukan file .dll yang kalian unduh tadi.


Copy atau salin file .dll tersebut ke direktori C (lokasi sistem operasi terinstall) kemudian buka folder Windows lalu cari lagi folder System32 dan paste-kan file .dll yang diekstrak tadi disini. Restart kembali komputer kalian, harusnya cara terakhir ini bisa menyelesaikan masalah file .dll yang error atau hilang.


Demikian cara memperbaiki file .dll yang hilang pada sistem operasi Windows, semoga bermanfaat.